Rabu, 04 Mei 2016

PLTMH di Solok Selatan



Proponsi Sumatera Barat memiliki banyak potensi air yang dapat dijadikan sebagai Pusat Listrik Energi Baru dan Terbarukan (PLT-EBT) dalam skala besar, menengah dan kecil. Di beberapa daerah terpencil di kabupaten Solok Selatan propinsi Sumatera Barat, masih terdapat wilayah yang belum dialiri listrik PLN. Kebijakan yang diambil pemerintah setempat adalah, membangun pusat listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) yang didanai oleh APBN, APBD, PNPM, hibah luar negeri dan swadaya masyarakat. Pada umumnya setelah PLTMH beroperasi, pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat setempat. Permasalahan yang sering terjadi adalah apabila terjadi kerusakan pada PLTMH pengelola sulit untuk memperbaikinya, disebabkan keterbatasan sumber dana dan sumberdaya manusia.  Sampai sekarang (tahun 20016) terdapat 27 PLTMH yang sudah dibangun di kabupaten Solok Selatan, yang sebagian besar tidak bisa beroperasi maksimal diakibatkan kurangnya perawatan dan lemahnya sistem manajemen pengelola.

Di kecamatan KPGD Kabupaten Solok Selatan terdapat 5 buah PLTMH yang dimanfaatkan untuk mengaliri listrik rumah masyarakat. Berdasarkan tinjauan ke lapangan diketahui bahwa umumnya PLTMH tidak memiliki peralatan kontrol otomatis, hanya dioperasikan pada malam hari (±8 jam/hari), tidak mampu menghasilkan daya maksimum, apabila ada kerusakan memerlukan waktu yang lama untuk perbaikan dan kekurangan biaya untuk perbaikan. Disamping itu, tidak ada pencatatan harian kondisi PLTMH sehingga sulit menelusuri riwayat operasi PLTMH bersangkutan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan sumberdaya manusia trampil yang berkemampuan mengoperasikan, memperbaiki dan mengelola sistem keuangan PLTMH.
Kemampuan tersebut dapat diberikan melalui pelatihan pengoperasian, perbaikan dan pengelolaan manajemen keuangan PLTMH kepada pengelola dan masyarakat yang terkait. Berbekal kemampuan tersebut diharapkan PLTMH dapat beroperasi optimal sehingga pemanfaatannya tidak saja untuk penerangan dimalam hari, tetapi dapat juga digunakan sebagai pendorong kemajuan ekonomi masyarakat disiang hari.     


bersambung.....................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar