Sabtu, 22 Oktober 2016

Ciptakan Alat Peringatan Otomatis Untuk Kemanan Pada Perlintasan Kereta Api Tak Berpenjaga

Di Padang Sumaterea Barat saat ini terdapat sekitar 500 perlintasan kereta api ilegal (tidak berpalang) sehingga sangat membahayakan keselamatan warga (Zainir, Republica.co.id). Semenjak tahun 2016 setidaknya telah terjadi lebih dari 9 kali kecelakaan akibat kerata api di kecamatan Koto Tangah, yang menyebabkan korban luka-luka dan meninggal (Polsek Koto Tangah). Belum lagi dikecamatan-kecamatan yang lain. Untuk menempatkan penjaga di setiap peelintasan kereta api, pemerintah Sumatera Barat tidak memiliki anggaran untuk itu (Dedi Henidal,  Dishubkominfo Kota Padang).
Solusi yang sudah dilakukan oleh Kapolsek KotoTangah dengan mengimbau, agar pengendara yang melewati jalur perlintasan kereta api tanpa plang pintu selalu berhati-hati dan jangan mendengarkan musik ketika di dalam mobil saat melintasi di simpang rel kereta api kemudian selalu lihat kiri kanan. Kemudian dengan cara memberdayakan tukang ojek menjaga perlintasan.
Usulan solusi tersebut di atas sangat bergantung pada manusia, sehingga tingkat keberhasilannya relatif dan sangat bergantung pada manusia tersebut (human error). Sentuhan teknologi tepat guna dengan biaya relatif murah diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan akibat kereta api. Caranya adalah memasang peringatan/ pesan diperlintasan bahwa kereta api akan lewat melalui lampu
Teknisnya adalah, sekitar 500m menjelang pelintasan dipasang sensor yang dapat mendeteksi bahwa kereta api akan melintas, kemudian sensor akan memberi perintah pada lampu, serine menyala dan memunculkan pesan bahwa kereta akan melintas . Setelah kereta melewati perintasan maka lampu serine akan mati dan pesan berganti menjadi hati-hati diperlintasan kereta api.
Alat ini dalam proses peramcangan dan pembuatan oleh Dr. Hidayat, S.T., M,T,  yang diperkirakan menghabiskan biaya tidak lebih dari 2 juta rupiah untuk satu perlintasan. Diharapkan tahun depan alat ini dapat diproduksi masal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar